Tips Mengatur Suhu AC, Baca ini biar Hemat


Ketika cuaca panas, keberadaan air conditioner atau AC memiliki peran penting untuk menghalau udara panas dari luar. Hal itu akan membuat orang-orang yang berada di dalam ruangan ber-AC akan merasa lebih nyaman dan sejuk. Tidak heran, jika mulai banyak rumah-rumah memasang AC untuk memberikan kenyamanan di dalamnya.

Akan tetapi, masih terdapat beberapa orang yang belum tahu tentang cara mengatur suhu AC yang tepat sehingga tidak mampu menghasilkan udara yang dingin, justru panas dan lembab. Lalu, bagaimana tips mengatur suhu AC yang tepat sehingga udara terasa lebih sejuk, sekaligus hemat listrik? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Pastikan Ruangan Tertutup dengan Rapat
Tips pertama dalam mengatur suhu AC secara tepat adalah memastikan bahwa ruangan sudah tertutup dengan sempurna, baik itu jendela, pintu, ventilasi, dan sebagainya. Hal itu dilakukan agar AC dapat bekerja secara optimal. Setelah semuanya tertutup, AC bisa dinyalakan di dalam ruangan tersebut. Dengan demikian, ruangan akan mulai terasa dingin seiring dengan bekerjanya AC.

Turunkan Suhu Secara Bertahap
Mengatur suhu AC dengan cara menurunkan suhunya secara bertahap sangat dianjurkan agar AC tidak bekerja lebih keras dan tidak memakan banyak daya listrik. Kamu bisa menurunkan suhu AC secara bertahap dengan cara memberikan jeda waktu selama 10 menit dengan menurunkan satu derajat hingga mencapai suhu yang diinginkan. Cara ini lebih dianjurkan karena bisa membuat kompresor AC menjadi lebih awet dan hemat listrik.

Atur Fan Speed ke Maksimal
Sebuah AC biasanya memiliki tiga pengaturan fan speed atau kecepatan kipas, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Jika kamu menginginkan AC di dalam ruangan menjadi cepat dingin, aturlah fan speed pada tingkat kecepatan maksimal. Dengan cara ini pula, udara AC bisa menjadi cepat merata ke seluruh ruangan.

Menyalakan Mode Swing
Agar AC bisa membuat udara dingin secara cepat dan merata ke seluruh ruangan, kamu bisa menyalakan mode swing. Pada umumnya, terdapat 2 mode swing, yaitu ke arah atas bawah dan kanan kiri. Jika ingin membuat ruangan menjadi lebih cepat terasa sejuk, kamu bisa menyalakan kedua mode swing tersebut. Dengan begitu, mengatur suhu AC menggunakan cara ini bisa memaksimalkan performa AC di dalam ruangan.

Menaikkan Suhu Sebelum Tidur
Tips terakhir untuk mengatur suhu AC secara tepat yaitu dengan menaikkan suhu 2-3 angka di atas suhu yang telah kamu tetapkan. Hal ini dilakukan agar tubuh menjadi lebih rileks tanpa harus menggunakan suhu yang terlalu rendah. Tidak hanya itu, menaikkan suhu AC sebelum tidur juga bisa membuat kamu menjadi lebih hemat energi.

Nah, itulah beberapa tips mengatur suhu AC sehingga udara yang dihasilkan menjadi lebih cepat sejuk dan tentunya tidak memakan banyak daya listrik. Tips-tips tersebut bisa membuat kamu mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan AC. Jika ingin membuat rumah menjadi lebih sejuk dan terhindar dari cuaca panas, kamu bisa mendapatkan AC secara mudah dan online melalui kami.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
INFO DAN PEMESANAN VIA WHATSAPP